....
...
Baca Juga
Pertama, Sistem Pelanggan.
Rencananya, layanan premium itu akan dirilis mulai kuartal pertama hinga kedua tahun depan. Seperti dikutip dari WSJ, Warner Music akan menjadi perusahaan rekaman terbesar pertama yang akan mendapatkan keuntungan dari situs berbagi musik asal Jerman itu. Warner Music dilaporkan baru saja menyepakati kerja sama untuk melisensi semua lagu beserta albumnya di Soundcloud.
Kesepakatan ini tidak serta-merta gratis. Soundcloud dikabarkan akan membayar sejumlah royalti ke Warner Music untuk lagu tertentu yang di-streaming secara gratis dan bebas iklan. Royalti tersebut dibayar untuk tiap lagu yang diputar. Selain itu, Warner Music juga akan mendapat saham Soundcloud sekitar 3-5 persen.
Sebagai bagian dari kesepakatan dengan Warner Music Group, nantinya artis akan dapat mengontrol konten mereka dan menghasilkan uang dari remix dan mash-up musik yang dibuat oleh pengguna situs. Ini akan menjadi penghasilan tambahan selain pendapatan dari setiap lagu yang diputar.
Dengan begitu, Pengguna Soundcloud bakal dapat menikmati lagu-lagu populer dan berlisensi resmi yang didistribusikan salah satu mayor label terbesar di dunia. Program berlangganan dari website yang dikunjungi 175 juta orang tiap bulannya itu telah menetapkan tarif berlangganan yaitu sebesar US$ 10 per bulan.
Kedua, Layanan On SoundCloud
SoundCloud meliris program layanan beriklan yang dinamakan On SoundCloud. Program ini dibuat untuk memberikan kesempatan pendapatan bagi pencipta lagu. Cara kerjanya sederhana, setiap kali track Pengguna diputar oleh orang lain, maka pengguna akan memperoleh sebagian dari pendapatan iklan tersebut.
Namun sayangnya tidak semua orang diperuntukan dalam program ini. Jadi program On SoundCloud ini menawarkan tiga level akun, yaitu Parter, Pro dan Premier.
Level Partner ini diperuntukkan bagi pencipta yang baru memulai proyek musiknya. Level ini gratis, pengguna dapat membagikan track, mendapatkan feed back dan juga statistik standar.
Lavel Pro diperuntukkan bagi pengguna yang lebih serius, tapi level ini tidak gratis alias berbayar. Keuntungan pengguna mendapatkan durasi unggah yang lebih lama, peralatan yang lebih lengkap dan statistik yang lebih mendalam.
Level Premier Kalian diberi kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari iklan. Nah, SoundCloud baru menerapkan program periklanan untuk level Premier ini yang relatif lebih serius dalam memanfaatkan layanan SoundCloud.
Pengguna di level ini memperoleh semua fitur yang ada di level Pro, dan hanya penerima undangan yang dapat menjadi anggota level Premier. Batasan lainnya pengguna yang mengikuti program On SoundCloud ini hanya akan mendapatkan bayaran bila track didengarkan oleh pengguna asal Amerika Serikat.
Dalam blogpost-nya, SoundCloud menjanjikan ke depan akan menjangkau negara-negara lain, dan dengan adanya iklan SoundCloud dapat terus melayani pengguna secara gratis..
Sejak On SoundCloud diluncurkan, SoundCloud mulai banyak mendapatkan berbagai penawaran dari tiga organisasi besar pemegang hak cipta musik.
- Pada November tahun lalu, Warner Music Group menyepakati kesepakatan lisensi bersama On SoundCloud.
- Merlin, yang mewakili 20,000 label independen dari seluruh dunia, menandatangani kesepakatan serupa pada Juni 2015, satu bulan setelah perusahaan penerbitan Amerika Serikat,
- the NMPA melakukan hal serupa bersama SoundCloud. Ketiga kesepatakan ini ditandatangani dengan syarat SoundCloud harus menambahkan fitur baris abonemen untuk beberapa bulan ke depan.
- Di sisi lain, meskipun beberapa label musik besar sudah mulai mengincar kesepakatan lisensi bersama SoundCloud, Sony Music sepertinya belum bergeming.
Begitulan sumber penghasilan soundcloud. Mungkin iklan juga ada namun bukan merupakan penghasilan utama jadi tidak saya bahas. Karena iklan merupakan hal yang umum bagi sebuah website,... :p